Contoh Soal Perkalian Matematika SD dengan Pembahasannya

Materi perkalian merupakan materi dasar yang harus dipelajari oleh semua siswa sekolah sejak duduk di bangku kelas 3 SD. Bagi beberapa siswa, materi perkalian sedikit menyulitkan dibanding penjumlahan. Salah satu cara agar perkalian mudah dipelajari adalah dengan mempelajari contoh soal perkalian dan berlatih.

Menghapal daftar perkalian 1 sampai dengan 100 adalah modal dasar yang dibutuhkan oleh setiap pelajar agar mudah melakukan perkalian tingkat lanjut. Perkalian 1 sampai 100 adalah perkalian yang dimulai dari angka 1, 2, 3 hingga perkalian 10. Di bawah ini sudah disajikan tabel perkalian 1-100 lengkap.

Tabel Perkalian 1-100 untuk Pelajar Sekolah Dasar

Tabel-Perkalian-1-100-untuk-Pelajar-Sekolah-Dasar

Tabel perkalian 1-100 di bawah ini menyajikan hasil kali dari angka yang dibold atau ditebalkan pada baris paling atas dengan kolom pertama di kiri. Cara membaca hasil kali cukup dengan melihat tabel yang menjadi titik pertemuan antara kedua angka pengalinya.

× 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
2 2 4 6 8 10 12 14 16 18 20
3 3 6 9 12 15 18 21 24 27 30
4 4 8 12 16 20 24 28 32 36 40
5 5 10 15 20 25 30 35 40 45 50
6 6 12 18 24 30 36 42 48 54 60
7 7 14 21 28 35 42 49 56 63 70
8 8 16 24 32 40 48 56 64 72 80
9 9 18 27 36 45 54 63 72 81 90
10 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100

Umumnya pelajar sekolah dasar kelas 3 hingga 4 sudah diharuskan untuk menghapal daftar perkalian 1 sampai 10 tersebut karena menjadi dasar untuk perkalian yang lebih besar. Pelajar biasanya kesulitan mengalikan ketika angka perkalian memasuki perkalian 5 sampai 9.

Oleh karena itu peran guru dan orangtua sangat penting untuk memandu anak agar lebih mudah dalam menghapal. Selain itu, latihan perkalian yang rutin juga berguna untuk membantu para pelajar lebih mudah dalam menghapal dan langsung mengaplikasikan hapalannya ke dalam soal.

Contoh Soal Perkalian Matematika SD

Contoh-Soal-Materi-Perkalian

1. Hitunglah hasil dari soal perkalian berikut ini memakai teknik manual penjumlahan berulang dan bandingkan dengan cara menghapal tabel perkalian 1-100.

  1. 4 x 7 = …

  2. 6 x 2 = …

  3. 8 x 5 = …

  4. 3 x 4 = …

Jawab:

Pada soal ini kita akan coba menghitung perkalian dengan metode penjumlahan berulang dan membandingkannya dengan metode menghapal tabel perkalian.

1. 4 x 7

= 7 + 7 + 7 + 7 (sebanyak 4 kali)

= 28

2. 6 x 2

= 6 + 6 (sebanyak 2 kali)

= 12

3. 8 x 5

= 8 + 8 + 8 + 8 + 8 (sebanyak 5 kali)

= 40

4. 3 x 4

= 4 + 4 + 4 (sebanyak 3 kali)

= 12

Jika sudah menghapal tabel perkalian, maka mengisi soal lebih mudah:

Jadi hasilnya:

  1. 4 x 7 = 28
  2. 6 x 2 = 12
  3. 8 x 5 = 40
  4. 3 x 4 = 12

 

2. Bu Guru membawa spidol hitam di dalam tiga buah kotak ukuran sedang. Setiap kotaknya bisa menampung sebanyak 12 spidol. Hitunglah berapa total spidol hitam yang dibawa oleh Bu Guru!

 

Diketahui:

Jumlah kotak = 3

Jumlah spidol per kotak = 12

Jawab:

Untuk menghitung berapa total spidol hitam yang dibawa Bu Guru caranya dengan mengalikan jumlah kotak dengan jumlah spidol per kotaknya.

Total spidol = Jumlah kotak x Jumlah spidol per kotak

Total spidol = 3 x 12

Total spidol = 36 spidol

 

3. Pada hari ulang tahun adek, Ibu membawakan adek sekotak berisi permen cokelat untuk dibagikan ke teman-teman adek di sekolah. Adek membagikan permen cokelat ke 10 orang teman dan masing-masing mendapat 3 permen hingga permen di kotak habis. Hitung berapakah total permen cokelat yang dibawakan ibu ke adek?

 

Diketahui:

Jumlah teman = 10 orang

Permen per orang = 3 permen

Jawab:

Pada soal ini melibatkan perkalian 1 sampai 30 yakni mengalikan jumlah orang yang menerima permen dengan jumlah permen yang diterima masing-masing orang.

Total permen di kotak = Jumlah teman x Permen per orang

Total permen di kotak = 10 x 3

Total permen di kotak = 30

 

4. Ibu menanam tanaman di dalam 5 pot berukuran besar. Masing-masing tanaman di dalam pot tumbuh bercabang 4. Setiap cabangnya memunculkan bunga sebanyak 2 buah. Hitung berapa total bunga yang dihasilkan di dalam 5 pot bunga tersebut.

 

Diketahui:

Jumlah pot = 5

Cabang tanaman = 4

Bunga per cabang = 2

Jawab:

Untuk menghitung berapa total bunga yang dihasilkan oleh keseluruh pot caranya dengan mengalikan jumlah pot, cabang tanaman dan bunga setiap cabangnya.

Total bunga = Jumlah pot x Cabang tanaman x Bunga per cabang

Total bunga = 5 x 4 x 2

Total bunga = 20 x 2 = 40

 

5. Hitung berapakah hasil perkalian dari bilangan di bawah ini:

  1. 23 x 5 = …

  2. 14 x 3 = …

  3. 32 x 4 = …

  4. 15 x 2 = …

Jawab:

  1. 23 x 5 = 115
  2. 14 x 3 = 42
  3. 32 x 4 = 128
  4. 15 x 2 = 30

 

6. Dalam rangka perpisahan sekolah, siswa kelas 6 SD Permata diminta oleh kepala sekolah untuk membawa pot tanaman bunga ke sekolah. Setiap siswa membawa 2 pot tanaman bunga. Jika ada 35 siswa kelas 6 SD Permata yang memabwa pot bunga, hitung total pot tanaman bunga yang terkumpul.

 

Diketahui:

Jumlah siswa = 35 orang

Pot per orang = 2 pot

Jawab:

Total pot tanaman bunga = Jumlah siswa x Pot per orang

Total pot tanaman bunga = 35 x 2 pot

Total pot tanaman bunga = 70 pot

 

7. Kakak memiliki tanaman cabai dan tanaman tomat di kebun belakang rumah. Setiap hari kakak selalu menyirami tanaman cabai dan tomat menggunakan gayung. Tanaman cabai disirami dengan 2 gayung setiap hari sementara tanaman tomat sebanyak 4 gayung. Hitung berapa banyak air yang dibutuhkan untuk menyirami tanaman dalam waktu satu minggu (dalam satuan gayung)!

 

Diketahui:

Siram cabai = 2 gayung per hari

Siram tomat = 4 gayung per hari

Jawab:

Total air = (air untuk siram cabai + air untuk siram tomat) x 7 hari

Total air = (2 + 4) x 7

Total air = 42 gayung air

 

8. Pak Budi berjualan buah jeruk yang dibawa di dalam 6 buah keranjang besar. Masing-masing keranjang memuat sebanyak 25 buah jeruk. Hitung berapa total buah jeruk yang dijual oleh Pak Budi.

 

Diketahui:

Jumlah keranjang = 6

Jumlah jeruk di setiap keranjang = 25 buah

 

Jawab:

Total buah jeruk = Jumlah keranjang x Jumlah jeruk setiap keranjang

Total buah jeruk = 6 x 25 = 150

 

Contoh soal perkalian di atas berguna untuk membantu para siswa dalam menghapalkan perkalian dasar dari angka 1 sampai 10. Perkalian dasar untuk mempercepat siswa dalam menghitung dan mengalikan angka yang lebih besar. Sehingga siswa tidak perlu menjumlahkan angka untuk mendapat hasil kali yang sesuai.

Baca Juga: