Contoh Surat Keterangan Kerja Dengan Berbagai Keperluan

 

Balitteknologikaret.co.id – Contoh surat keterangan kerja yang baik adalah disusun dengan struktur yang tepat. Contoh surat keterangan kerja memiliki berbagai macam fungsi mulai dari melamar pekerjaan atau mengajukan beasiswa. Tentunya ada beberapa tata cara agar bisa menuliskan contoh surat keterangan ini dengan baik.

Agar bisa meningkatkan karir atau pendidikan, kita perlu mencoba berbagai hal. Termasuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, baik secara gratis atau beasiswa. Bagi orang yang menginginkan karir tertentu dan mencoba lingkungan baru, melamar di perusahaan baru merupakan salah satu pilihan untuk bisa berkembang.

Sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan dan mendapatkan beasiswa, Contoh surat keterangan kerja adalah berkas yang sangat penting. Untuk itu, di artikel ini kami akan membahas tuntas surat keterangan ini dan contoh-contohnya.

Penjelasan Tentang Contoh Surat Keterangan Kerja

Penjelasan Tentang Contoh Surat Keterangan Kerja

Bagi kamu yang saat ini sedang ingin meningkatkan karir dan pendidikan, Contoh surat keterangan kerja merupakan berkas yang sangat penting. Dengan berkas ini, kamu bisa menambah nilai plus karena di dalamnya terdapat rekomendasi dari tempat kerja yang menyatakan bagaimana kinerjamu.

Surat ini juga menjadi bukti bahwa kamu saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan dan sedang ingin mendapatkan beasiswa yang bisa mendukung karirmu. Selain sertifikat keterampilan, Contoh surat keterangan kerja merupakan bekas yang bisa membuktikan bahwa kamu memang benar-benar memiliki keterampilan dan posisi di bidang tersebut.

Pada dasarnya, seorang kandidat calon karyawan atau penerima beasiswa tidak perlu membuat surat keterangan pekerjaan sendiri. Karena surat keterangan ini harus dituliskan oleh HRD tempat kamu sedang bekerja atau pernah bekerja. HRD akan menuliskan keterangan bahwa kamu pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana kinerja kamu selama kamu menjabat sebagai karyawan.

HRD juga akan menuliskan posisi kamu sehingga sekaligus bisa menjelaskan kamu memiliki skill di bidang apa. Jika HRD sudah menyerahkan surat keterangan kepadamu. Selanjutnya kamu perlu menyerahkan surat keterangan ini kepada lembaga atau perusahaan di mana kamu ingin melamar atau mendapatkan beasiswa.

Surat keterangan pekerjaan memiliki format yang sangat simpel. Namun kamu perlu tahu bahwa surat ini haruslah dibuat oleh pihak HRD. Karena surat keterangan yang baik adalah surat yang memiliki pengesahan atau stempel perusahaan yang bersangkutan.

Dengan demikian, HRD di tempat kamu melamar pekerjaan akan menjadi lebih yakin karena adanya surat ini. Kamu juga memiliki peluang lebih untuk bisa menerima beasiswa karyawan. Bisa dibilang, surat keterangan pekerjaan adalah salah satu berkas yang harus kamu lampirkan ketika kamu ingin melamar mahasiswa atau pekerjaan.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Surat keterangan bisa disusun dalam bahasa apapun. Jika kamu bekerja di perusahaan lokal, kamu bisa membuat atau melampirkan Contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dalam bahasa Inggris. Tentunya apabila kamu akan melamar ke perusahaan internasional atau untuk keperluan beasiswa ke luar negeri.

Baca Juga  Info Terupdate UMP Jakarta 2023 Naik, Simak Gajinya Disini

Surat keterangan pekerjaan adalah berkas yang sangat penting karena surat ini menunjukkan bahwa kamu memang pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini juga berisikan tentang informasi yang menerangkan bahwa kamu memiliki skill yang dibutuhkan.

Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dengan tips yang sudah kami jelaskan di atas. Kamu juga bisa melihat contoh dari surat keterangan pekerjaan berdasarkan contoh yang ada di artikel ini.

Selain untuk keperluan melamar kerja dan juga mendapatkan beasiswa, surat keterangan pekerjaan juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Fungsi-fungsi tersebut seperti untuk mencairkan BPJS dan juga sebagai syarat untuk mengajukan KPR. Berikut adalah penjelasan terkait fungsi-fungsi tersebut.

1. Untuk Mengajukan Beasiswa

Meskipun sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap. Namun banyak sekali orang yang masih ingin menempuh berhentikan lebih tinggi daripada kepentingan sebelumnya.

Beberapa sarjana yang sudah menyelesaikan studi S1, ingin untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2. Untuk mendaftar sebagai mahasiswa magister, surat keterangan pekerjaan juga diperlukan sebagai salah satu berkas yang harus diserahkan saat proses seleksi administrasi.

Apalagi jika kamu ingin mengajukan beasiswa untuk studi S2mu. Beberapa lembaga memberikan beasiswa kepada karyawan yang ingin menempuh studi lebih lanjut untuk mendukung pekerjaannya. Namun salah satu syarat yang diperlukan ialah berkas yang bisa memastikan bahwa karyawan tersebut memang benar-benar sedang bekerja.

Di sinilah Contoh surat keterangan kerja berfungsi. Surat keterangan ini akan memastikan pihak lembaga bahwa kamu memang benar-benar sedang bekerja di perusahaan tersebut. Ini akan menjadi poin tambahan bagi kamu.

Memang tidak semua perguruan tinggi mewajibkan calon mahasiswanya untuk bisa memberikan Contoh surat keterangan kerja. Namun sebagian besar memang sarjana magister yang ingin mengajukan beasiswa untuk menunjang karir pekerjaan diharuskan untuk melampirkan surat keterangan.

2. Untuk Mengajukan KPR Atau Kredit Bank

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan KPR atau kredit kepemilikan rumah adalah debitur harus memiliki penghasilan tertentu. Tidak hanya itu, memastikan bahwa pekerjaannya memiliki posisi yang stabil. Sehingga nantinya menghindari adanya kredit macet.

Inilah salah satu fungsi dari surat keterangan pekerjaan yaitu untuk meyakinkan kreditur. Bahwasanya kamu memang benar-benar memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan di atas yang ditentukan. Tanpa surat keterangan ini, debitur tidak akan bisa mengetahui apakah memang kamu benar-benar layak untuk mendapatkan kredit KPR.

Selain riwayat BI checking, Contoh surat keterangan kerja juga berkas yang harus kamu lampirkan jika kamu ingin mengajukan kredit. Selain itu, kamu biasanya juga akan dimintai slip gaji 3 bulan ke belakang. Kamu bisa meminta kepada HRD agar HRD di perusahaanmu bisa membuat surat keterangan yang bisa diajukan untuk pinjaman KPR.

3. Untuk Melamar Pekerjaan

Biasanya, salah satu persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan dalam merek karyawan adalah apakah karyawan tersebut memiliki skill yang dibutuhkan. Inilah mengapa kebanyakan perusahaan akan memberikan syarat pengalaman pekerjaan yang harus dipenuhi.

Tujuannya agar perusahaan tidak perlu menghabiskan waktu untuk mentraining karyawan baru karena karyawan tersebut sudah memiliki pengalaman di bidang yang ditentukan. Inilah mengapa surat keterangan pekerjaan juga memiliki fungsi penting dalam melamar kerja. Surat keterangan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar pernah bekerja di perusahaan yang disebutkan.

Baca Juga  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Sopan dan Santun

Surat ini juga akan menjadi bukti bahwa kamu memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat kamu melamar. Biasanya, HRD akan memverifikasi Contoh surat keterangan kerja tersebut ke HRD perusahaan sebelumnya tempat kamu bekerja. Jadi pastikan Contoh surat keterangan kerja tersebut dibuat oleh sebenar-benarnya.

4. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Setiap karyawan yang bekerja di korporasi biasanya pasti mendapatkan BPJS ketenagakerjaan. BPJS ketenagakerjaan ini berfungsi sebagai tabungan atau asuransi ketika sewaktu-waktu kamu mengundurkan diri atau di PHK dari perusahaan tersebut. Setiap bulannya, gajimu akan dipotong dengan presentase yang ditentukan untuk membayar premi BPJS ketenagakerjaan.

Jika kamu sudah di PHK atau resign dari perusahaan kamu sebelumnya, tabungan ini. Untuk bisa mencairkan tabungan ini kamu harus mendatangi kantor BPJS atau memprosesnya melalui aplikasi BPJS ketenagakerjaan. Salah satu berkas yang perlu kamu miliki agar kamu bisa mengajukan pencairan adalah surat keterangan pekerjaan.

Surat keterangan inilah yang berfungsi untuk mencairkan dana BPJS nantinya akan menjelaskan bahwa kamu memang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Surat tersebut juga harus menjelaskan bahwa saat ini kamu sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut karena alasan tertentu seperti resign atau PHK.

Kamu tidak akan bisa mengajukan pencairan BPJS ketenagakerjaan jika kamu tidak melampirkan surat keterangan ini. Untuk itulah pastikan kamu meminta Contoh surat keterangan kerja ke HRD lebih dulu jika kamu memang benar-benar ingin mencairkan dana BPJS.

5. Berkas Pelengkap Curriculum Vitae

Berkas lamaran pekerjaan kamu akan semakin menonjol jika kamu mencantumkan Contoh surat keterangan kerja. Dengan surat keterangan inilah kamu akan mendapatkan poin lebih dari HRD karena kamu adalah kandidat yang berpengalaman.

Jika kamu tidak memberikan Contoh surat keterangan kerja, HRD tidak akan mengetahui apakah kamu benar-benar belum pernah bekerja di perusahaan yang kamu lampirkan di CV. Dengan surat keterangan yang sudah disahkan oleh HRD sebelumnya, kamu bisa meyakinkan calon HRD di perusahaan baru bahwa aku memang layak untuk mendapatkan posisi tersebut.

Beberapa HRD akan melakukan verifikasi ke perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Namun sebagian HRD juga tidak melakukan ini karena surat keterangan kerja yang sudah di stempel dianggap sudah valid.

Struktur Dalam Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Struktur Dalam Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan bisa disusun dalam bahasa apapun. Jika kamu bekerja di perusahaan lokal, kamu bisa membuat atau melampirkan Contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dalam bahasa Inggris. Tentunya apabila kamu akan melamar ke perusahaan internasional atau untuk keperluan beasiswa ke luar negeri.

Surat keterangan pekerjaan adalah berkas yang sangat penting karena surat ini menunjukkan bahwa kamu memang pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini juga berisikan tentang informasi yang menerangkan bahwa kamu memiliki skill yang dibutuhkan.

Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dengan tips yang sudah kami jelaskan di atas. Kamu juga bisa melihat contoh dari surat keterangan pekerjaan berdasarkan contoh yang ada di artikel ini.

Penulis tidak bisa membuat surat keterangan ini secara asal-asalan. Untuk membuat keterangan kerja harus memiliki susunan yang tepat. Tujuannya agar bisa meyakinkan lembaga atau perusahaan di mana kamu ingin melampirkan surat keterangan tersebut.

Sebenarnya untuk membuat Contoh surat keterangan kerja tidak jauh berbeda dengan surat resmi lainnya. Pada surat keterangan ini kamu harus menampilkan kop surat, perihal, identitas karyawan, dan data-data lain. Berikut ini adalah struktur yang harus kamu perhatikan dalam menyusun surat keterangan ini.

Baca Juga  Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Secara Profesional

1. Kop Surat

Kop surat merupakan elemen paling penting dalam pembuatan surat resmi. Dalam menyusun kop surat, kamu harus mencantumkan nama perusahaan atau instansi di mana kamu sedang atau pernah bekerja sebelumnya. Di dalam kop surat harusnya tercantum alamat dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika ada, kop surat juga bisa melampirkan situa resmi dan juga logo perusahaan.

2. Perihal Surat

Selain kop surat, kamu juga harus melampirkan perihal surat atau tujuan dibuatnya surat tersebut. Karena surat yang sedang kamu buat bertujuan sebagai rekomendasi atau keterangan, maka kamu bisa menuliskan bahwa perihal surat tersebut adalah Contoh surat keterangan kerja. Meletakkan perihal biasanya ada di sebelah kiri.

3. Identitas Karyawan Atau Ex-Karyawan

Setelah salam pembuka, Contoh surat keterangan kerja dilanjutkan dengan menulis identitas karyawan yang bersangkutan. Identitas harusnya berisi nama, posisi, divisi, dari karyawan tersebut. Agar bisa membuat identitas ini menjadi lebih meyakinkan, kamu juga bisa melampirkan NIK saat kamu bekerja. Penulisan identitas karyawan haruslah diteliti untuk menghindari kesalahan yang ada di dalamnya.

4. Isi Dan Keterangan Surat

Setelah menuliskan identitas karyawan, selanjutnya harus di tujuan dan juga keterangan dari surat tersebut. Keterangan ini bisa dituliskan bahwa karyawan tersebut benar-benar pernah bekerja di perusahaan yang disebutkan. Jika perlu, isi dari keterangan tersebut juga harus menginfokan jabatan terakhir dan juga bagaimana performa kinerja si karyawan.

5. Pengesahan

Yang terakhir merupakan poin yang paling penting yaitu pengesahan Contoh surat keterangan kerja. Pada bagian akhir surat keterangan ini haruslah diberi tanda tangan HRD sebelumnya. Sebab tanpa tanda tangan tersebut maka surat keterangan akan tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Jika perlu, tanda tangan HRD juga harus dibubuhi dengan cap stempel dari perusahaan atau lembaga yang bersangkutan. Cap stempel ini bertujuan agar surat keterangan ini menjadi lebih valid.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja

Berikut ini adalah beberapa contoh surat keterangan kerja yang bisa kamu jadi rekan referensi dalam menyusun Contoh surat keterangan kerja. Jika kamu adalah seorang HRD, contoh surat keterangan pekerjaan tersebut mungkin akan sangat membantumu.

FAQ

Apakah Contoh Surat Keterangan Kerja Bisa Disusun Dalam Bahasa Inggris?

Surat keterangan bisa disusun dalam bahasa apapun. Jika kamu bekerja di perusahaan lokal, kamu bisa membuat atau melampirkan Contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dalam bahasa Inggris. Tentunya apabila kamu akan melamar ke perusahaan internasional atau untuk keperluan beasiswa ke luar negeri.

Mengapa Contoh Surat Keterangan Kerja Penting?

Surat keterangan pekerjaan adalah berkas yang sangat penting karena surat ini menunjukkan bahwa kamu memang pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini juga berisikan tentang informasi yang menerangkan bahwa kamu memiliki skill yang dibutuhkan.

Bagaimana Cara Menyusun Contoh Surat Keterangan Kerja?

Kamu dapat menyusun surat keterangan pekerjaan dengan tips yang sudah kami jelaskan di atas.  juga bisa melihat contoh dari surat keterangan pekerjaan berdasarkan contoh yang ada di artikel ini.

Akhir Kata

Surat keterangan kerja adalah berkas yang perlu dilampirkan pada saat-saat penting. Seperti melamar pekerjaan, mengajukan beasiswa, atau mengajukan kredit. Surat ini harus disusun dengan sah dan dibubuhi tanda tangan atau stempel perusahaan agar surat ini lebih bisa dipercaya.

Pelajari artikel mengenai dunia kerja di bawah ini yang pastinya bisa kamu terapkan dan ambil ilmunya di bawah ini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id