Contoh Teks Berita Berbagai Tema Beserta Struktur, Ciri Cirinya

Balitteknologikaret.co.id – Contoh teks berita berikut ini mungkin bisa jadi salah satu referensi agar kamu bisa menghasilkan teks berita yang baik. Adapun bagi kamu yang belum tau cara membuatnya, maka silahkan simak penjelasan artikel ini secara baik.

Teks berita sendiri sudah menjadi bagian yang sangat penting dari keseharian hidup manusia. Contoh nya saja dalam perannya untuk memberikan informasi ke khalayak umum, kamu bisa melihat berbagai teks tersebut kini telah tersebar di berbagai macam media.

Nah teruntuk kamu yang sedang mempelajari cara pembuatannya dan membutuhkan beragam contoh teks berita. Disini kamu akan bisa mendapatkan semua hal tersebut. Kalau begitu tak usah berlama lagi, simaklah artikel edukasi contoh teks berita berikut ini.

Sekilas Tentang Teks Berita

Sekilas Tentang Teks Berita

Dalam kamus besar bahasa Indonesia. Berita merupakan suatu cerita yang berisi keterangan tentang suatu kejadian dan peristiwa yang baru saja terjadi. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan dengan mudah.

Bahwa teks berita merupakan teks yang memuat isi penyampaian informasi serta kabar kepada para masyarakat berkenaan suatu persitiwa. Hal tersebut bisa kejadian aktual maupun faktual yang diinformasikan dengan cara tertulis.

Adapun maksud dari aktual dan faktual. Aktual berarti kejadian atau peristiwa yang saat itu baru saja terjadi dan sedang hangat. Sedangkan faktual berarti kejadian ditulis berdasarkan fakta yang ada sebelumnya.

Ciri Khusus Pada Contoh Teks Berita

Ciri Khusus Pada Contoh Teks Berita

Sebelum kamu membuat sebuah contoh teks berita. Terdapat hal – hal terkait teks berita yang sebelumnya perlu kamu ketahui. Dimana dalam sebuah teks berita, terdapat kesamaan atau ciri tersendiri yang membuat tulisan tersebut dikenal sebagai teks berita.

Adapun agar kamu bisa mengenali sebuah teks sebagai teks berita. Maka mungkin ciri – ciri khusuh di bawah ini bisa membantu kamu. Maka berikut adalah ciri khusus contoh teks berita pada umumnya.

  1. Memiliki sifat faktual dan objektif. Dalam hal ini artinya menceritakan keterangan yang sebenarnya terjadi sesuai fakta.
  2. Bukan merupakan suatu peristiwa yang umum yang terjadi sehari – hari.
  3. Harus aktual, dimana peristiwa yang akan diberitakan merupakan fakta yang masih segar dan baru terjadi.
  4. Tidak terdapat tulisan rekayasa.
  5. Memiliki struktur kalimat dan bahasa yang menarik sehingga menarik minat pembaca.
  6. Memiliki data lengkap tentang peristiwa yang diberitakan.
  7. Diberikan keterangan waktu serta lokasi peristiwa secara jelas.
  8. Bahasa mudah dipahami.
  9. Memiliki alur peristiwa yang berurutan.
  10. Memiliki kalimat singkat, jelas dan padat.
  11. Memiliki sumber berita yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan
  12. Judul mewakili isi berita.
  13. Memuat unsur kalimat 5W+1H.

Susunan Struktur Dalam Contoh Teks Berita

Susunan Struktur Dalam Contoh Teks Berita

Dalam kamus besar bahasa Indonesia. Berita merupakan suatu cerita yang berisi keterangan tentang suatu kejadian dan peristiwa yang baru saja terjadi. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan dengan mudah.

Baca Juga  5 Contoh Surat Lamaran Kerja Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

Bahwa teks berita merupakan teks yang memuat isi penyampaian informasi serta kabar kepada para masyarakat berkenaan suatu persitiwa. Hal tersebut bisa kejadian aktual maupun faktual yang diinformasikan dengan cara tertulis.

Adapun maksud dari aktual dan faktual. Aktual berarti kejadian atau peristiwa yang saat itu baru saja terjadi dan sedang hangat. Sedangkan faktual berarti kejadian ditulis berdasarkan fakta yang ada sebelumnya.

Selanjutnya agar kamu bisa membuat contoh teks berita yang baik. Maka kamu perlu memahami tentang susunan struktur teks beritanya terlebih dahulu.

Adapun sususan struktur yang terdapat dalam contoh teks berita. Bisa kamu lihat dengan seksama melalui deretan struktur penulisan teks berita yang dijelaskan di bawah ini.

1. Judul

Judul adalah hal yang sangat penting untuk suatu contoh teks berita. Karena judul mempunyai peran penting untuk memikat minat pembaca. Sehinga sedemikian judul harus dibuat dengan sangat menarik sehingga menarik minat dan rasa penasaran dari pembaca.

2. Kepala

Bagian kepala berita biasanya terletak di bagian atas setelah judul berita. Di dalam bagian ini tersaji pembahasan terkait ruang lingkup berita yang akan diceritakan. Pada bagian ini kamu harus memuat segala informasi penting terkait berita dengan unsur 5W+1H.

3. Tubuh

Selanjutnya setelah kepala ada tubuh. Dimana bagian ini adalah bagian yang berisi penjelasan serta informasi yang sebelumnya telah disebutkan dalam bagian kepala. Umumnya bagian ini memuat latar belakang bagaimana peristiwa berita bisa terjadi.

4. Ekor

Bagian terkahir adalah bagian ekor. Pada bagian akhir ini biasanya tersaji informasi – informasi tambahan. Dimana apabila informasi tersebut tidak disebutkan, maka tidak akan mempengaruhi isi pokok bahasan berita yang tersaji.

Ragam Contoh Teks Berita

Ragam Contoh Teks Berita

Nah setelah membaca ciri, susunan sturktur, serta penjelasan dari contoh teks berita. Maka kini bisa dibilang, bahwa kini kamu sudah mengetahui dasar dari cara – cara membuat teks berita yang baik. Nah supaya kamu bisa memahami lebih dalam tentang teks berita.

Maka selanjutnya, akan kami berikan beragam contoh teks berita yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Gunakan lah referensi tersebut secara baik, tentunya agar hasil teks berita buatan kamu nantinya bisa menjadi semakin bagus lagi.

Adapun teks berita yang ada dibawah ini adalah berita yang memuat ragam kejadian seperti bencana, olahraga dan lain sebagainya. Tak usah menunggu hingga lama, berikut dibawah ini merupakan ragam referensi dan contoh teks berita yang bisa kamu baca.

1. Contoh Teks Berita Terkait Bencana Kebakaran

Dua rumah yang berlokasi di daerah Jakarta Selatan, telah terbakar hari sabtu pukul 17.35 WIB. Dampak akibat dari adanya kebakaran ini membuat arus lalu lintas menjadi macet di sekitar lokasi kebakaran.

Dua rumah terbakar tersebut berlokasi tepat di kawasan kampung Jalan Haji, Cilandak, Jakarta Selatan, sabtu pada tanggal (15/3/2014). ‘Kebakaran mulait terjadi dengan terbakarya rumah dijalan haji.

Lokasinya itu masuk ke perkampungan. Jadi dari jalan fatmawati nanti masuk ke jalan cipete, lalu ke jalan haji”. Kata seorang pemadam kebakaran Dendi Sudin, Jakarta Selatan.

Dibutuhkan enam belas unit mobil damkar untuk memadamkan api saat kejadian berlangsung. Mobil tersebut tersebar dari seluruh penjuru arah mata angin agar bisa memadamkan api dari berbagai arah. Akibatnya, macet pun tak terhindarkan.

Ada damkar wilayah bara, utara, timur, dikerahkan semua sebisanya supaya damkar yang datang cepat duluan bisa langsung menanganinya. Jadinya di cipete, sama pos fatmawati, dan area sekitar jadi macet, tutur Dendi.

Baca Juga  Pengertian Berpikir Kritis, Cara Mengasah, Manfaat, dan Praktek

Penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan. Beruntung tak ada korban jiwa akibat bencana kebakaran ini. Dendi menyatakan hingga kini dua rumah terbakar telah berhasil dipadamkan. Kini para pemadam kebakaran tersebut tengah melakukan pendinginan.

2. Contoh Teks Berita Berkaitan Bencana Banjir

Lampung, Bandar Lampung – Bermodal nekat melewati banjir, belasan motor kini mengalami mesin mati (mogok) di daerah jalan yos sudarso, kota bandar lampung. Kejadian tersebut terjadi sekitar 16.30 WIB pada rabu tanggal (3/8/2022).

Berdasarkan pantauan, hujan terjadi secara deras pada wilayah kota bandar lampung mulai pukul 14.00 WIB. Akibatnya kini beberapa daerah dan jalan umum sekitar lokasi mengalami bencana kebanjiran.

Rendi, seorang saksi mata mengatakan, banjir di daerah jalan yos sudarso memiliki ketinggian air sekitar 60 cm. Banyak pengendara sepeda roda dua nekat melintasi jalan banjir hingga akhirnya mengalami mogok.

Khususnya jembatan way lunik yang ada pada jalan yos sudarso ini terdapat ada banyak yang trabas, akhirnya mogok dan itu juga termasuk saya. Ketinggian air kira – kira se atas paha orang dewasa. Ungkapnya rendi, pengendara sepeda motor.

Selain itu rendi juga menyatakan, jika daerah tersebut adalah wilayah yang memang langganan banjir. Apalagi ketika terjadi guyuran hujan deras dengan waktu yang cukup lama. “Benar, disini sering terjadi banjir. Tapi kayanya kali ini paling parah. Tutur Rendi.

3. Contoh Teks Berita Terkait Olahraga Tenis

Roger Federer, atlet ternama dunia tenis sebentar lagi akan menyudahi langkah karir panjangnya. Turnamen laver cup 2022 tanggal 23 – 25 september yang berlangsung pekan depan, merupakan turnamen terakhir bagi atlet kondang olahraga tenis ini.

Kiprahnya sebagai pemain tenis profesional akan berkahir dikarenakan federer memiliki cedera. Sejumlah masalah fisik yang dihadapi beberapa tahun terakhir ini. Serta sejumlah operasi di bagian lutut, akhirnya menjadi penghalang bagi atlet tersebut untuk bertanding.

Saya telah melakukan usaha supaya bisa kembali kedalam performa yang kompetitif namun ternyata kenyataannya tidak bisa. Ujar federer pada video yang diunggahnya melalui akun media sosialnya.

Tetapi kini tubuh saya menyadari akan batasan kapasitasnya. Maka pesan tersebut sudah terlihat sangat jelas. Usia saya berada di 41 tahun.

Laver Cup 2022 adalah ATP tour terakhir yang akan diikuti oleh saya. Selanjutnya saya masih bermain tenis. Tetapi tentunya bukan dalam tour ataupun grand slam-.

Sepanjang masa karir profesionalnya, kesuksesan petenis yang berkebangsaan swiss itu. Telah berhasil meraih kesuksesan yang besar selama 24 tahun.

4. Contoh Teks Berita Berkaitan Hotel Kucing

Ohayo Jepang – Pernahkah bermimpi menghabiskan waktu malam untuk hanya melihat kucing?. Jika kamu merasa pernah, maka inilah tempat yang akan mewujudkan impian tersebut.

Telah dibuka sebuah tempat menginap baru di daerah osaka pada desember 2019. Tempat tersebut adalah tempat inap hote yang menyita perhatian orang – orang. Hotel mempunyai nama Neko Hatago & Neko Yokujo.

Tak heran jika hal tersebut terjadi, hotel ini mempunya konsep penginapan yang unik. Yakni sebagian dari biaya inap akan dialokasikan untuk pengadaan operasional kafe kucing. Nantinya kafe kucing ini akan menampung kucing – kucing terlantar.

Biaya yang harus dirogoh agar bisa menginap berkisar dari 8.500 sampai 11.500 yen per orang dalam satu malam. Harga tersebut sudah termasuk sebuah tiket masuk kedalam kafe kucing yang ada di hotel tersebut.

Baca Juga  Account Officer: Penjelasan, Tugas, Info Gaji, dan Loker

Sebuah unsur hiburan berupa penginapan bersama kucing. Akan membawa kamu sebagai tamu yang singgah main ke hotel kepada sebuah pengalaman baru yang luar biasa.

Kucing – kucing yang ada di hotel ini, akan penasaran dan menuju ke kamar kamu. Sehingga kamu bisa bermain bersama dengan kucing – kucing yang ada secara langsung maupun dari balik kaca kamar.

5. Contoh Teks Berita Duka Terkait Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II, yang merupakan penguasa terlama di dalam sejarah negara inggir. Akhirnya menutup usianya dan meninggal pada umur yang ke 96 tahun.

Pangeran Charles, sang pewaris tahta sejak saat usia tiga tahun. Sekarang di umurnya yang 73 tahun akan menjadi seorang raja. Secara resmi hal tersebut akan di umumkan di Istana kerajaan St James, London sesegera mungkin.

Pada sebuah pernyataannya, Istana Buckingham menyatakan. ‘Sang ratu akhirnya meninggal tenang sore ini di kawasan balmoral . Raja dan permaisurinya tinggal terlebih dulu di kawasan balmoral malam ini dan esok akan pergi ke London.

Bendera yang ada pada gedung – gedung terkenal milik inggris itu. Akhirnya di umumkan dan diturunkan sebagai simbol dari bentuk periode resmi berkabung.

Sebagai kepala persemakmuran dari 54 negara dan sebagai Ratu negara Inggris dan 14 kerajaan lain. Elizabeth II telah menjadi kepala negara yang terkenal di dunia dalam masa pemerintahannya yang sangat panjang.

FAQ

1. Apa Yang Dimaksud Teks Berita?

Teks berita adalah sebuah teks tertulis yang menyajikan suatu kabar maupun informasi terkait suatu peristiwa kepada khalayak masyarakat. Dimana biasanya peristiwa tersebut adalah kejadian hangat yang baru saja terjadi.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia. Berita merupakan suatu cerita yang berisi keterangan tentang suatu kejadian dan peristiwa yang baru saja terjadi. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan dengan mudah.

Bahwa teks berita merupakan teks yang memuat isi penyampaian informasi serta kabar kepada para masyarakat berkenaan suatu persitiwa. Hal tersebut bisa kejadian aktual maupun faktual yang diinformasikan dengan cara tertulis.

Adapun maksud dari aktual dan faktual. Aktual berarti kejadian atau peristiwa yang saat itu baru saja terjadi dan sedang hangat. Sedangkan faktual berarti kejadian ditulis berdasarkan fakta yang ada sebelumnya.

2. Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Contoh Teks Berita?

Hal yang utama dan pertama harus kamu perhatikan adalah memperhatikan sturkturnya. Kemudian kaitkan segala kalimat yang telah dibuat dengan karakteristik dan ciri khusus dari berita. Hal tersebut agar contoh teks berita kamu semakin bagus.

3. Bagaimana Contoh Teks Berita Yang Baik Dan Benar?

Selain memuat struktur dan ciri khusus dari teks berita. Contoh teks berita akan semakin bagus apabila mudah dipahami dan bisa menarik rasa penasaran dari para pembaca. Untuk lebih jelas kamu bisa membaca penjelasannya melalui pembahasan diatas.

Akhir Kata

Itulah pembahasan dan macam – macam dari contoh teks berita yang bisa dimuat dalam pertemuan ini. Sebagai tips silahkan kamu baca dan gunakan lah referensi dari berbagai contoh teks berita yang ada, agar kamu bisa membuat teks berita yang baik.

Apabila kamu ingin membaca artikel edukasi menarik lainnya. Datangilah portal web kami dan silahkan kamu cari beragam berita dan artikel edukasi lainnya disana. Sekian sampai disini, kami ucapkan sampai berjumpa kembali dan terima kasih banyak.

Kunjungi juga artikel menarik kami lainnya yang pastinya menambah ilmu wawasan kamu disini :