Cara Membuat CV Kreatif dan Profesional Langsung Dilirik HRD

Balitteknologikaret.co.id – Cara Membuat CV merupakan cara yang paling berguna dalam memudahkan kamu membuat CV yang bagus. Yang mana CV adalah salah satu kelengkapan dokumen wajib ketika mencari pekerjaan.

Oleh karena itulah kamu harus sebisa mungkin membuat CV tersebut tampil menarik dan memuat informasi didalamnya tersampaikan dengan baik. Agar pihak HRD pun nantinya merasa tertarik dan menyukai CV kamu.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana Cara Membuat CV agar dapat terlihat sebagus mungkin di mata HRD. Untuk itulah pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu CV?

Apa Itu CV

Sebelum masuk ke pembahasan utama bagaimana Cara Membuat CV, mari ulas sedikit apa itu arti dari CV. Yang tentunya kamu semua pasti sudah tidak asing lagi dengan kata CV.

CV sendiri adalah singkatan dari Curriculum Vitae, atau yang biasa disebut dengan daftar riwayat hidup. Dokumen ini adalah dokumen wajib yang harus kamu miliki jika ingin melamar pekerjaan baru.

Dimana setiap perusahaan ataupun usaha yang membuka lowongan, pasti selalu menuliskan CV dalam persyaratan dokumennya. Artinya, melamar pekerjaan tidak akan ada artinya jika kamu mengirim surat lamaran kamu tanpa CV.

Bukan hanya itu, untuk membuat surat lamaran kamu dilirik oleh HRD, kamu perlu membuat CV yang paling menarik. Dari banyaknya template yang tersedia diluaran, kamu harus pandai memilih template yang paling baik.

Walaupun sebenarnya, template dalam CV ini tidak terlalu penting bagi HRD. Karena yang paling penting adalah informasi yang kamu tulis di dalamnya.

Kamu harus menuliskan informasi yang relate dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Tujuannya adalah agar HRD dapat mengetahui latar belakang yang kamu miliki ketika melamar posisi tersebut.

Contohnya adalah pengalaman yang berkaitan dengan posisi tersebut, atau masih memiliki jobdesk yang hampir sama dengan posisi itu. Pengalaman ini umumnya adalah informasi yang paling utama dicari oleh HRD.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu menuliskan informasi pendidikan, identitas, kontak yang dapat dihubungi, skill dan sebagainya. Informasi-informasi tersebut harus benar-benar dipastikan dapat berkaitan dengan posisi yang kamu lamar.

Namun, kamu juga dapat menuliskan informasi yang sesungguhnya dari apa yang kamu miliki. Kalau memang kamu tidak memiliki pengalaman, pendidikan, atau skill yang berkaitan dengan posisi yang ingin dilamar.

Tetapi perlu diketahui, bahwa usahakanlah sebisa mungkin melamar pekerjaan dengan latar belakang yang kamu miliki. Tentunya ini juga akan berpengaruh baik dalam pekerjaan kamu kedepannya.

Apa Saja Kriteria Cara Membuat CV Yang Baik?

Apa Saja Kriteria Cara Membuat CV Yang Baik

Tentu saja dalam Cara Membuat CV, ada kriteria-kriteria yang harus kamu miliki untuk membuatnya tampil menarik. Dengan memuat kriteria tersebut dalam CV kamu, setidaknya akan membantu memudahkan proses lamaran kamu dibanding tidak memuatnya.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Agar Disukai HRD

Kriteria-kriteria ini dimuat dalam bentuk informasi, seperti yang tadi sudah kami katakan diatas. Bahwa informasi dalam CV adalah faktor paling utama yang dapat menjadi pengaruh besar dalam lamaran pekerjaan kamu.

Lantas apa saja sebenarnya informasi-informasi tersebut dan mengapa pengaruh dari informasi ini amat sangat berguna? Kamu dapat membaca penjelasannya dibawah ini dengan seksama dan mempraktekkannya langsung dalam CV kamu.

1. Informasi Deskripsi Diri

Hal pertama yang harus ada dalam Cara Membuat CV ini adalah menuliskan informasi mengenai deskripsi diri. Yang mana informasi pertama yang akan dilihat oleh HRD adalah deskripsi diri kamu.

Biasanya, penempatan dari deskripsi diri ini diletakkan di paling atas pada CV kamu atau dibawah foto diri. Sehingga HRD akan lebih mudah membacanya ketika baru pertama melihat CV tersebut.

Selain itu, menuliskan deskripsi diri pun harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan menuliskan deskripsi yang singkat dan sejelas mungkin agar kamu dapat menyampaikan pointnya secara langsung mengenai diri kamu.

Karena deskripsi diri ini adalah informasi yang juga dapat merangkum keseluruhan dari isi CV yang ada. Yang mana menuliskan minat, pengalaman, skill, dengan mempersingkatnya sejelas mungkin.

Walaupun memang informasi lengkap dari yang kamu jelaskan dalam deskripsi diri sudah tertulis juga dalam CVnya. Tetapi memang deskripsi diri ini menjadi salah satu informasi paling utama yang akan dilihat oleh recruiter.

Sebagai pelengkap dari bagaimana Cara Membuat CV yang baik, kami juga akan memberikan contoh bagaimana penulisan deskripsi diri. Kamu dapat menuliskan deskripsi diri kamu menggunakan format dibawah ini.

“Saya berminat dan memiliki pengalaman dalam posisi video editor dan content creator selama 5 tahun dalam PT. A. Dengan memberikan kontribusi yang positif, saya mampu mencapai angka 70% dalam menaikkan traffic sosial media perusahaan A. Saya memiliki kreativitas tinggi, bertanggung jawab, leadership, kemampuan menyelesaikan masalah, dan skill utama dalam kebutuhan video editor dan content creator.”

2. Pendidikan Terakhir

Salah satu Cara Membuat CV terlihat lebih menarik dan informatif adalah dengan menuliskan informasi pendidikan terakhir. Kamu tidak perlu menuliskan riwayat pendidikan kamu secara lengkap dari SD sampai lulusan terakhir.

Yang diperlukan hanyalah pendidikan terakhir yang kamu tempuh, dan tuliskanlah dalam CV tersebut. Sehingga HRD akan lebih mengetahui pendidikan apa yang paling terakhir kamu tempuh nantinya.

Contohnya, pendidikan terakhir kamu adalah berkuliah di Universitas Indonesia program studi Teknik dalam Teknik Komputer. Sedangkan pada saat SMA, kamu bersekolah dalam jurusan IPA.

Maka, yang perlu dimasukkan dalam CV kamu nantinya hanyalah pendidikan terakhir atau pendidikan tertinggi kamu. Yaitu pendidikan saat berkuliah di Universitas Indonesia tadi dengan menuliskan program studi yang kamu ambil secara lengkap.

Dengan begitu, HRD akan dengan mudah mengetahui riwayat pendidikan kamu. Adanya informasi tersebut juga membantu HRD mengetahui hal apa yang kurang lebihnya dipelajari oleh kamu dan gambaran mengenai skill yang kamu miliki.

Oleh karena itulah pentingnya melamar pekerjaan yang sekiranya masih memiliki keterkaitan dengan studi terakhir yang kamu jalankan. Jika kamu berkuliah komputer, maka cocoknya kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan IT.

Baca Juga  Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Secara Profesional

3. Pengalaman Kerja

Saat ini, banyak perusahaan yang merekrut karyawan baru dengan menekankan bahwa mereka harus memiliki pengalaman dalam posisi yang sama. Sebab menurutnya, dengan memiliki pengalaman yang sama, akan memudahkan mereka dalam menemukan kandidat terbaik.

Karena sebelumnya, kandidat tersebut sudah melakukan pekerjaan dalam posisi yang sedang dibutuhkan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam melakukan training dan menjelaskan kembali apa yang harus dikerjakan dalam posisi tersebut.

Lebih baiknya, kamu memang harus memiliki pengalaman yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Sehingga HRD akan menilai bahwa diri kamu sekiranya mampu mengerjakan jobdesk dalam posisi tersebut.

Pengalaman kerja ini juga akan membantu kamu dalam melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendidikan terakhir kamu. Dalam contoh paling bagusnya, kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan pendidikan terakhir dan memiliki pengalaman yang sama juga dengan posisi tersebut.

Namun bagaimana jika kamu ingin melamar pekerjaan yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan jurusan pendidikan terakhir kamu? Yaitu akan dibantu dengan pengalaman yang kamu miliki.

Misalnya seperti kegiatan-kegiatan resmi yang masih berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Seperti kegiatan organisasi yang kamu ikuti ketika masih kuliah, atau pengalaman internship, pengalaman ketika PKL, dan sebagainya.

Hal ini akan masuk ke dalam pertimbangan pihak HRD walaupun pendidikan terakhir kamu sangat bertolak belakang dengan posisi yang dilamar. Sebab yang paling penting dalam dunia kerja adalah pengalaman, bukan hanya dilihat dari pendidikan terakhirnya saja.

4. Prestasi Dan Pencapaian

Informasi yang satu ini akan membuat nilai plus dalam CV yang kamu buat. Karena dengan menuliskan prestasi dan pencapaian yang didapatkan dalam perusahaan sebelumnya, menunjukkan bahwa kamu telah melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.

Oleh karena itulah, jangan sungkan untuk menuliskan prestasi yang kamu dapatkan dalam perusahaan sebelumnya dalam CV kamu. Sebab itulah yang menandakan bahwa kamu memiliki kemampuan dan keterampilan yang sangat baik dalam posisi tersebut.

Bagaimana Cara Membuat CV Dengan Mudah?

Bagaimana Cara Membuat CV Dengan Mudah

Setelah mengetahui penjelasan mengenai CV dan apa saja kriteria informasi yang dibutuhkan, selanjutnya adalah bagaimana Cara Membuat CVnya. Karena ada banyak sekali cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat CV.

Beberapa Cara Membuat CV ini dapat kamu lakukan sesuai dengan kemampuan kamu dalam menuliskannya. Kamu dapat mencoba cara-cara dibawah ini untuk memudahkan kamu dalam menghasilkan CV yang baik.

1. Menggunakan Canva

Canva adalah salah satu platform editing terbaik yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV. Yang mana Cara Membuat CV di Canva ini akakn sangat mudah dan cepat.

Dalam Canva, sudah disediakan template-template CV profesional terbaik yang dapat kamu pilih. Pilihan templatenya pun sudah tersedia banyak sekali, sehingga kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kamu.

Tentunya juga yang dapat mendukung dan memuat informasi-informasi penting yang harus disampaikan. Dengan begitu, Cara Membuat CV menggunakan Canva ini akan menghemat waktu menjadi lebih singkat.

Baca Juga  Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Secara Sopan dan Baik

2. Desain Manual

Selain menggunakan bantuan dari Canva, kamu juga dapat membuat CV kamu secara manual. Jika memang dirasa kamu mampu membuat desain dan templatenya sendiri sesuai dengan keinginan kamu.

Yang mana memang sebenarnya akan jauh lebih baik jika kamu membuatnya secara manual. Karena kamu bisa mengubah dan mengatur tata letaknya secara keseluruhan dengan bebas.

Kalau mengikuti template yang sudah ada, memang akan menghemat waktu dan mempermudah pembuatannya. Namun kamu tidak bisa mengatur tata letaknya atau memodifikasi template tersebut secara bebas.

Cara Membuat CV secara manual ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan mengikuti template yang sudah ada. Kamu harus membuatnya dari awal lagi hingga benar-benar jadi bentuk CV yang menarik.

3. Menggunakan Website Online

Selain kedua cara diatas, Cara Membuat CV yang lain adalah dengan menggunakan website online yang tersedia. Pada akhirnya memang akan secara otomatis dibuatkan template yang sesuai dengan informasi yang kamu muat.

Biasanya, cara kerja dari website online ini hanya perlu memasukkan informasi apa saja yang ingin kamu sampaikan. Yaitu dengan mengetikkan semua informasi tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

Setelah itu nantinya website akan menampilkan informasi kamu dalam bentuk template yang hanya tinggal kamu pilih. Pilihan akhir yang ditampilkan pun akan sangat banyak, silahkan kamu memilihnya dengan baik, ya.

4. Menggunakan Jasa Pembuatan CV

Selain cara-cara diatas, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan jasa pembuatan CV. Banyak sekali orang yang membuka jasa pembuatan CV ini secara online.

Kalau memang mendesak dan tidak ingin ribet harus edit-edit lagi, kamu dapat menggunakan jasa ini sebagai jalan pintasnya. Walaupun kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar orang tersebut.

Gunakanlah Cara Membuat CV yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Sehingga kamu bisa menggunakan Cara Membuat CV tersebut dengan bebas dan baik sesuai dengan keinginan.

Jangan sampai kamu menggunakan Cara Membuat CV yang akhirnya hanya akan mempersulit kamu dalam prosesnya. Hingga menghabiskan banyak waktu terbuang karena menggunakan Cara Membuat CV yang salah.

FAQ About Cara Membuat CV

Bagaimana Tips Menuliskan Pengalaman Diluar Posisi Terkait?

Yaitu usahakan dengan menuliskan pengalaman yang kamu punya dengan sejelas mungkin. Selain itu, jika tidak memiliki pengalaman pekerjaan terkait, kamu bisa menuliskan pengalaman yang setidaknya masih berkaitan walaupun sedikit.

Bisa menuliskan pengalaman diluar pekerjaan, seperti yang sudah dikatakan diatas tadi, yaitu kegiatan-kegiatan resmi, kegiatan kuliah, magang, dan sebagainya. Sebisa mungkin tulislah pengalaman yang relate dengan posisi yang ingin dilamar.

Apakah Canva Dan Website Online Gratis?

Keduanya tergantung dari pilihan yang kamu gunakan, karena kedua platform tersebut pun memiliki opsi gratis dan berbayar. Kamu bisa menggunakan pilihan yang gratis untuk menghemat pengeluaran biaya yang dikeluarkan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai Cara Membuat CV. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara-cara dari kami, ya!

Pelajari artikel mengenai dunia kerja di bawah ini untuk memperbesar peluang :