Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet Lengkap

Balitteknologikaret.co.id – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet. Jadi, jika kamu mengalami masalah seperti ini dalam jaringan wifi maka silahkan simak artikelnya hingga selesai.

Perlu kamu tahu sebelumnya, bahwa wifi merupakan salah satu jaringan konektivitas internet yang sekarang telah banyak digunakan baik dalam kampung maupun kota.

Bukan tanpa alasan mengapa orang – orang menggunakan atau memilih jaringan wifi ini. Sebab, dengan wifi kamu bisa hemat dibandingkan harus menggunakan paket data internet.

Sekarang ini banyak sekali tempat – tempat yang mengakses jaringan wifi seperti cafe, rumah, kampus dan lain sebagainya. Tentu ini bisa membantu kamu untuk terhubung ke jaringan wifi dimanapun.

Akan tetapi, jaringan wifi tidak sepenuhnya menguntungkan. Pasti kamu sering menemukan kendala kendala pada jaringan wifi seperti tidak ada koneksi internet meski sudah terhubung.

Adanya masalah seperti ini pasti para pengguna wifi merasa bingung, sebab mereka masih terhubung dengan jaringannya. Bahkan ada sebagian pengguna wifi yang merasa kesal dengan masalah ini.

Tenang saja, ada beberapa Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet yang bisa kamu lakukan. Biasanya, dengan cara – cara tersebut wifi akan kembali normal.

Cuma sebelum mengetahui Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet, kamu harus tahu faktor penyebabnya. Nah, maka dari itu silahkan simak beberapa faktor penyebab WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet.

Faktor Penyebab WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

Faktor Penyebab WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

Meski jaringan wifi bisa dikatakan lancar dan stabil, namun pasti kamu sering mengalami masalah WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

Jika kamu mengalami masalah seperti ini tentunya harus menyimak pembahasan di situs balitteknologikaret.co.id ini. Sebab disini, kami akan menyediakan informasi tentang hal ini.

Jadi, bagi yang merasa pensaran dengan penybab  WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet maka silahkan simak ulasan lengkap yang sudah kami sediakan dibawah ini.

1. Sinyal Wifi Lemah

Faktor pertama yang menyebabkan WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet adalah dari segi jaringannya. Biasanya, masalah ini sering terjadi ketika jarak yang jauh dengan wifi, ada halangan tembok, dan lain lain.

Itulah yang menyebabkan sinyal wifi menjadi lemah, sehingga meski kamu terhubung namun tidak ada koneksi internet didalamnya.

Baca Juga  1001+ Nama WiFi Aesthetic, Keren, Lucu, Unik, dan Kocak

Selain itu, masalah ini juga sering terjadi karena faktor cuaca. Sebab, jika cuaca sedang hujan dan badai petir mungkin jaringan wifi kamu bisa lemah. Sehingga jaringan kamu bisa lemot dan tidak ada internet.

2. Maintenance dari Provider Wifi

Kemudian faktor penyebab lainnya yang bisa membuat jaringan wifi kamu menjadi tidak ada internet adalah maintenance dari provider. Maintenance merupakan peliharaan atau update jaringan tersebut.

Sehingga provider wifi akan menurunkan kualitas jaringan yang tidak seperti biasanya. Itulah salah satu faktor mengapa WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet.

Jika proses maintenance ini selesai, maka jaringan kamu akan kembali stabil. Dengan itu, kamu bisa kembali menikmati jaringan wifi yang kamu akses dirumah.

3. Ada Masalah Pada Router

Jika router pada wifi kamu sudah terbilang lama dan tua mungkin itulah salah satu penyebab masalah tidak ada internet dalam wifi. Bahkan, jika ada penyebab seperti ini kamu juga akan terkena masalah dalam perangkatnya.

Bisa jadi, jaringan wifi yang kamu akses di laptop juga akan lemot. Sehingga kamu tidak bisa lagi mengakses internet didalamnya. Dan mungkin itu beberapa faktor penyebab mengapa WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet.

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet Auto Berhasil

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet Auto Berhasil

Jika kamu sudah tahu tentang beberapa faktor penyebab wifi tidak ada internet, maka selanjutnya ketahui juga Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet.

Tujuannya, jika kamu mengalami masalah seperti ini tentu bisa mudah mengatasinya. Oleh karena itu, penting sekali menyimak cara mengatasi wifi yang tidak ada koneksi internet ini.

Langsung saja, jika sudah tidak sabar mengetahui cara caranya silahkan kamu perhatikan beberapa langkah atau informasi yang sudah kami siapkan berikut ini.

1. Restart Ulang Router

Pertama Cara Mengatasi WiFi yang Terhubung Tapi Tidak Ada Internet adalah dengan merestart ulang router. Cara atau tutorial ini sering digunakan ketika kamu mengalami masalah seperti ini.

Cara untuk mengatasi Wifi tidak ada internet ini terbilang sangat mudah. Lantas bagaimana sih dengan cara caranya? Nah untuk itu silahkan lihat beberapa tutorialnya dibawah ini.

  • Pertama kamu bisa matikan router dan juga modem pada jaringan
  • Pastikan kamu mematikannya sekitar waktu 30 detik
  • Jika sudah, maka nyalakan kembali router dan juga modemnya
  • Terkahir, kamu bisa periksa lampu DSL apakah sudah menyala atau sebaliknya
  • Apabila lampu DSL sudah stabil maka kamu berhasil merestar ulang router dan modemnya
  • Selamat mencoba

2. Reboot Router

Kemudian, Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan reboot router. Cara ini bisa dilakukan dalam perangkat laptop dan HP, untuk panduannya silahkan lihat sebagai berikut.

  • Awal mula kamu akses browser yang ada di perangkat
  • Jika sudah, maka masukkan alamat IP router wifi yang kamu miliki
  • Tap enter, dan buat nama serta sandi yang kamu inginkan
  • Apabila proses ini sudah selesai maka kamu akan menemukan system tools
  • Nah, disana kamu cari menu reboot router
  • Langsung saja kamu tekan opsi ini dan otomatis prosesnya akan berjalan
  • Jika prosesnya selesai maka kamu berhasil melakukan reboot pada wifi dan modemnya
  • Selesai
Baca Juga  Cara Menyambungkan Wifi Tanpa Password di HP Tanpa Ribet

3. Update Driver Adaptor Wifi

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan update pada driver adaptor wifi. Cara ini biasanya sering dilakukan jika masalah bukan dari router wifinya.

Kamu bisa melakukan Cara Mengatasi WiFi ini melalui perangkat laptop atau PC. Biasanya, adaptor wifi sudah kadaluarsa atau tertingal versinya. Untuk itulah ada beberapa sistem yang lemot dan kurang update.

Langsung saja untuk bisa melakukan Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet ini kamu dapat ikuti langkah langkahnya dibawah ini.

  • Paling pertama kamu cari menu My Computer di perangkat windows
  • Cari menu Properties Option dan klik menu tersebut
  • Kemudian akan muncul opsi menu Adapter Jaringan didalamnya
  • Setelah itu, klik kanan pada menu driver adaptor wifi
  • Jika sudah tekan saja opsi update pada menu tersebut
  • Dan kamu tunggu prosesnya hingga selesai
  • Selamat mencoba

Apabila cara ini sudah dilakukan, silahkan kamu cek kembali perangkat windows apakah sudah bisa mengakses internet atau belum. Jika belum lakukan pengulangan cara ini hingga berhasil.

4. Restart Perangkat yang Digunakan

Lalu, Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet yang simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang adalah dengan memulai ulang jaringan yang digunakan.

Jika kamu menggunakan smartphone maka harus merestart ulang perangkatnya. Apabila kamu menggunakan laptop maka harus melakukan cara yang sama.

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet ini termasuk sangat sederhana sehingga tidak ada kendala apapun dalam melakukannya. Dan tentuya cara mengatasi wifi ini bisa di terapkan oleh siapapun.

5. Masukkan Kembali Sandi Wifi

Jika kamu mengalami masalah seperti ini maka Cara Mengatasinya dengan memasukkan ulang sandi wifi kembali. Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet ini juga terbilang sederhana.

Karena biasanya, wifi sendiri tidak konek dengan sandi yang kamu masukkan. Bisa jadi, sandi kamu salah dan ada kekeliruan didalamnya. Maka dari itu cara mengatasi wifi yang satu ini sering dilakukan.

Tentunya cara – caranya terbilang simpel kamu bisa klik menu wifi, lalu masukkan sandi yang diketahui. Setelah itu, tunggu sampai wifi berhasil konek dan memilik akses internet.

Baca Juga  Aplikasi Pembobol WiFi Paling Ampuh dan Work Terbaru 2023

6. Ganti Tanggal dan Waktu

Lalu kamu juga bisa mengganti tanggal dan waktu ketika ingin melakukan Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet. Namun ingat, pergantian tanggal dan waktu hanya untuk perangkatnya.

Sebab, perangkat yang tertinggal timezone tentunya akan sulit mengakses jaringan internet seperti wifi. Maka dari itu, kamu harus menyesuaikan tanggal dan waktu saat ini.

Tujuannya, agar kamu juga bisa mudah mengakses jaringan internet di perangkat. Dan ini adalah Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet yang juga ampuh serta sering dilakukan.

7. Gunakan Google Public DNS

Selanjutnya, kamu bisa mengganti DNS memakai google public DNS. Biasanya cara ini di anggap sebagai Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet baik terutama dalam perangkat windows.

Ada beberapa tahap untuk melakukan pergantian DNS. Jika ingin mengetahuinya silahkan kamu ikuti dan simak beberapa tutorialnya berikut ini.

  • Buka perangkat windows kamu dan cari menu Control Panel
  • Lalu Pilih menu jaringan dan internet
  • Kemudian, pilih juga nama jaringan wifi yang akan di perbaiki
  • Jika sudah, akan ada beberapa informasi dari jaringan tersebut
  • Langsung saja kamu lakukan klik properties dan tap TCP/IPV4
  • Setelah itu, plih kembali menu properties dan gunakan alamat DNS google
  • Selanjutnya kamu tinggal tekan menu OK
  • Dan terakhir tunggu hingga prosesnya berhasil
  • Selesai

8. Mode Pesawat

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tidak ada Internet lainnya yang bisa kamu praktekan adalah dengan menghidupkan mode pesawat dalam perangkat.

Kamu bisa melakukan cara ini sekitar satu menit. Kemudian kamu nyalakan kembali mode pesawat dan cek ulang koneksi initernet yang dimiliki.

Jika berhasil maka kamu tidak perlu melakukan Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet lainnya. Dan yang pasti cara ini bisa digunakan dalam perangkat apapun baik itu gadget atau windows.

9. Buka Perangkat yang Diblokir

Cobalah kamu lakukan Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet dengan membuka perangkat yang terblokir. Apalagi jika router dari wifinya yang terblokir.

Sudah pasti kamu akan kesulitan mengakses jaringan internetnya. Maka dari itu, silahkan lakukan cara dibawah untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Yang pertama kamu bisa kunjungi konfigurasi router yang dimiliki
  • Kemudian, kamu lihat menu MAC Adress
  • Setelah itu, periksa juga perangkat yang telah terblokir
  • Jika masalah tersebut datang dari sini kamu tinggal buka blokir
  • Caranya kamu bisa tap unblock di menu MAC Adress
  • Terkahir kamu berhasil melakukannya
  • Selesai

Itulah beberapa faktor penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet. Semoga saja dengan cara – cara ini kamu berhasil mengatasi masalah pada jaringan wifi. Jika ada kesalahan mohon di maafkan, terimakasih dan sampai jumpa.

Baca Juga Artikel Lainnya :