Contoh Proposal Karya Ilmiah Tentang Penelitian (Lengkap)

 

Karya ilmiah adalah salah satu bentuk pengembangan pengetahuan dan ide-ide baru yang sangat penting dalam dunia akademik. Salah satu tahap penting dalam membuat sebuah karya ilmiah adalah dengan menyusun proposal. Seperti apa contoh proposal karya ilmiah yang baik?

Proposal karya ilmiah bertujuan untuk menjelaskan secara rinci dan sistematis tentang topik yang akan diteliti. Selain itu juga menjelaskan bagaimana penelitian akan dilakukan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, Anda akan melihat contoh proposal karya ilmiah yang dapat menjadi panduan bagi para peneliti, mahasiswa, atau siapapun yang ingin menyusun proposal karya ilmiah.

Definisi Proposal Karya Ilmiah

proposal-karya-ilmiah

Proposal karya ilmiah adalah dokumen tertulis yang berisi rencana dan rancangan sebuah penelitian atau proyek ilmiah yang akan dilaksanakan. Proposal ini biasanya dibuat oleh seorang peneliti, mahasiswa, atau tim peneliti.

Tujuan dari proposal karya ilmiah adalah untuk meyakinkan pihak yang berkepentingan jika penelitian yang akan dilakukan memiliki nilai dan layak untuk didanai atau dilaksanakan.

Beberapa poin yang disampaikan dalam proposal karya ilmiah seperti:

  • Latar belakang masalah
  • Tujuan penelitian
  • Metodologi yang akan digunakan
  • Kerangka pemikiran
  • Hipotesis
  • Sumber data
  • Referensi yang digunakan
  • Estimasi anggaran
  • Waktu pelaksanaan penelitian

Proposal karya ilmiah juga dapat mencantumkan gambaran hasil yang diharapkan. Karya ilmiah ini umumnya juga menuliskan manfaat yang akan diperoleh dari penelitian atau proyek tersebut.

Proposal karya ilmiah biasanya diajukan kepada lembaga pemberi dana. Para pemberi dana bisa seperti lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, atau institusi pendidikan.

Proposal ini dibuat untuk meminta dukungan finansial atau pengakuan atas hasil penelitian atau proyek yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu, proposal karya ilmiah harus disusun secara sistematis dan jelas agar dapat memperoleh persetujuan dari pihak yang berkepentingan.

Contoh Proposal Karya Ilmiah

contoh-proposal-karya-ilmiah-student-1

Agar Anda lebih memahami seperti apa cara membuat proposal karya ilmiah yang baik dan menarik, di bawah ini adalah salah satu contoh proposal karya ilmiah yang bisa dipelajari:

JUDUL

Memeriksa Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja di Perusahaan XYZ

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kepemimpinan dalam dunia kerja sangat penting. Dengan kepemimpinan yang baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, efektif, dan produktif.

Salah satu tujuan perusahaan adalah mencapai kepuasan kerja karyawan. Sebabnya adalah karena kepuasan kerja karyawan berhubungan dengan kinerja dan produktivitas perusahaan.

Oleh karena itu, gaya kepemimpinan yang digunakan oleh pimpinan perusahaan dapat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan.

Perusahaan XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan telah berdiri selama 10 tahun. Dalam 10 tahun terakhir, perusahaan telah mengalami beberapa perubahan dan peningkatan.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, manajemen perusahaan mulai memperhatikan adanya keluhan dari karyawan terkait tingkat kepuasan kerja.

Oleh karena itu, karya ilmiah yang mengangkat topik tentang hubungan antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja di perusahaan XYZ perlu dilakukan. Tujuannya mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.

B. RUMUSAN MASALAH

Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  • Bagaimana hubungan antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan di perusahaan XYZ?

C. TUJUAN PENELITIAN

Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan di perusahaan XYZ.

D. MANFAAT PENELITIAN

Adapun manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah agar hasil yang diperoleh dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Memberikan masukan bagi manajemen perusahaan XYZ dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
  • Menambah pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.
  • Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Gaya Kepemimpinan

Gaya kepemimpinan adalah suatu pola perilaku atau cara yang digunakan oleh seorang pemimpin dalam memimpin. Ini juga dapat mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Gaya kepemimpian yang umum diterapkan dalam perusahaan adalah transformasional, transaksional dan demokratis.

Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja merupakan tingkat kepuasan dan kebahagiaan seseorang terhadap pekerjaan yang dilakukannya. Nah, kepuasan kerja karyawan sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja dan produktivitas perusahaan.

Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan.

Penelitian Terdahulu

Penelitian yang dilakukan oleh Mulyadi (2018) menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja karyawan pada perusahaan manufaktur di Jawa Timur.

BAB III METODOLOGI

Karya ilmiah ini disusun dengan menggunakan metode survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan perusahaan XYZ yang berjumlah 200 orang.

Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.

Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan di perusahaan XYZ.

BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA

Analisa data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 23.0. Berikut adalah hasil analisa data:

Gaya Kepemimpinan

  1. Rata-rata skor kepemimpinan transformasional yang diberikan oleh responden adalah 3,89 dengan standar deviasi 0,59. Skor tertinggi pada dimensi kepemimpinan transformasional adalah Inspirasi (4,17) dan skor terendah adalah Pemberdayaan (3,57).
  2. Rata-rata skor kepemimpinan transaksional yang diberikan oleh responden adalah 3,57 dengan standar deviasi 0,64. Skor tertinggi pada dimensi kepemimpinan transaksional adalah Pengaturan Tujuan (3,89) dan skor terendah adalah Pengawasan dan Kontrol (3,20).
  3. Rata-rata skor gaya kepemimpinan demokratis yang diberikan oleh responden adalah 3,81 dengan standar deviasi 0,62.

Kepuasan Kerja

Rata-rata skor kepuasan kerja yang diberikan oleh responden adalah 3,76 dengan standar deviasi 0,54.

Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja

Analisa korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional (r = 0,611; p < 0,01), kepemimpinan transaksional (r = 0,433; p < 0,01), dan gaya kepemimpinan demokratis (r = 0,538; p < 0,01) dengan kepuasan kerja.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa semakin tinggi skor gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpinan, semakin tinggi juga tingkat kepuasan kerja karyawan..

BAB V PEMBAHASAN

Hasil karya ilmiah ini sejalan dengan penelitian terdahulu. Di mana hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, kepemimpinan transaksional, dan gaya kepemimpinan demokratis memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam organisasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Perusahaan juga perlu melakukan penelitian lebih lanjut dan mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja karyawan di Perusahaan XYZ.

Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh, terdapat saran yang dapat diberikan kepada perusahaan, yaitu:

  • Perusahaan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan manajemen guna menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat pada organisasi.

BAB VII DAFTAR PUSTAKA

(Cantumkan semua referensi yang digunakan untuk menyusun proposal karya ilmiah pada bab ini).

Contoh proposal karya ilmiah hanyalah contoh sederhana yang bisa dijadikan sebagai gambaran. Semoga contoh di atas dapat membantu dalam membuat proposal yang baik dan menarik.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id