Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX Bisa di Edit

Balitteknologikaret.co.id – Cara membuat Surat Lamaran Kerja dengan baik dan benar beserta contoh dari surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk anda unduh. Kami akan menyediakannya untuk link Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX Bisa di Edit.

Bekerja merupakan sebuah kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang orang guna mendapatkan upah yang berupa uang. Hal tersebut dikarenakan uang adalah merupakan hal penting yang tentu bisa membuat anda bisa membeli berbagai hal.

Namun mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah karena selain memerlukan usaha yang gigih dan juga kriteria yang mumpuni. Anda juga harus melengkapi setiap persyaratan administrasi yang menjadi salah satu hal yang wajib anda miliki ketika melamar pekerjaan.

Banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan entah itu mengenai kriteria atau kemampuan yang dia miliki tidak mumpuni. Sehingga banyak perusahaan yang tidak menerima nya karena memang yang diperlukan perusahaan merupakan seseorang dengan kemampuan mumpuni.

Kemudian hal yang mungkin menjadi salah satu hal yang mempersulit anda ketika ingin mencari pekerjaan adalah persyaratan administrasinya. Salah satu hal yang harus anda miliki ketika anda melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja yang harus anda buat.

Membuat hal tersebut mungkin mudah bagi beberapa orang yang memang sudah pernah melakukan nya sebelumnya. Akan tetapi akan terasa sulit untuk anda ketika anda baru saja merasakan untuk mencoba membuat hal tersebut.

Maka dari itu kami akan menjelaskan mengenai apa yang dimaksud Surat Lamaran Kerja lalu juga bagaimana cara membuat, contoh dan link Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX . Jadi sebaiknya anda mengikuti artikel ini hingga akhir agar memahami setiap hal yang akan kami bahas pada pembahasannya.

Mengenal Apa Yang Dimaksud Surat Lamaran Kerja

Mengenal Apa Yang Dimaksud Surat Lamaran Kerja 

Surat Lamaran Kerja adalah surat resmi yang dibuat oleh seorang pelamar kerja untuk ditujukan kepada perusahaan tertentu yang tertera. Hal tersebut karena memang hal ini merupakan hal wajib yang harus anda miliki ketika anda melamar pekerjaan pada perusahaan tertentu.

Di dalam surat tersebut akan berisi beberapa hal yang harus anda cantumkan agar surat yang anda buat sesuai dengan semestinya. Dimana anda harus mencantumkan biodata anda sendiri di dalam surat tersebut agar surat tersebut bisa dikatakan sesuai dengan aturannya.

Kemudian anda juga bisa menjelaskan mengenai posisi yang anda lamar pada perusahaan tersebut agar bisa anda tempati jika anda diterima. Bahkan anda juga bisa menjelaskan mengenai kemampuan atau kelebihan yang ada pada diri anda agar membuat surat anda semakin menarik.

Bagian-Bagian Yang Terdapat Di Surat Lamaran Kerja

Dalam Surat Lamaran Kerja tentunya akan memiliki beberapa bagian yang harus sesuai urutan nya dan juga dengan benar. Karena jika hal tersebut salah maka sudah dipastikan bahwa anda belum bisa membuat surat tersebut dengan baik dan benar.

Appa saja bagian bagian yang terdapat pada Surat Lamaran Kerja? Berikut ini adalah daftar nya sesuai urutan.

  1. Tanggal Dibuatnya Surat
  2. Lampiran Atau maksud dari tujuan surat
  3. Tujuan surat secara lengkap
  4. Pembuka
  5. Isi dari surat
  6. Penutup
  7. Nama dan tanda tangan
Baca Juga  Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Dari Ahlinya Agar Dilirik

Panduan Atau Tips Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat Surat Lamaran Kerja tentunya anda memerlukan panduan atau tips agar anda bisa membuatnya dengan baik dan benar. Hal tersebut yang bisa menjadi dasar yang harus anda ikuti ketika anda membuat surat tersebut agar surat tersebut bisa benar dan baik.

Lalu apa saja tips dan juga panduan yang harus anda ikuti ketika anda membuat Surat Lamaran Kerja? Berikut dibawah ini adalah penjelasannya.

Menggunakan Background Surat Lamaran Yang Bagus

Ketika anda membuat surat lamaran kerja maka anda harus mencoba background atau lataer belakang surat anda terlihat menarik. Anda bisa membuatnya sebagus dan semenarik ungkin tentunya agar membuat HRD tertarik dengan surat lamaran anda dan akan mempertimbangkan menerima anda.

Jadi anda harus bisa berkreasi sekreatif mungkin ketika anda membuatnya dengan anda memikirkan background yang bagus untuk digunakan. Tentu dengan surat yang tidak biasa maka hrd akan tertarik dengan orang seperti anda yang memang kreatif jika melakukan hal tersebut.

Secara tidak langsung surat yang anda buat akan memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan surat yang dikirim oleh orang lain yang biasa saja. Dengan begitu surat anda bisa saja menjadi yang paling menarik untuk dibaca mengenai isi dari suratnya yang memang akan menjelaskan tentang anda.

Maka dari itu cara satu ini harus anda pertimbangkan untuk anda gunakan pada surat yang akan anda buat nantinya. Jadi surat anda tidak hanya kertas putih biasa yang menjelaskan tentang diri anda yang tentu sudah tampak biasa saja.

Menggunakan Bahasa Indonesia Yang Baik Sesuai EYD

Ketika anda membuat Surat Lamaran Kerja maka anda harus memastikan bahwa anda menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Anda harus memastikan setiap kata yang anda cantumkan di dalam tersebut sesuai dengan EYD atau ejaan yang disempurnakan.

Tentu anda tidak boleh menggunakan bahasa daerah anda yang mungkin akan terlihat tidak sopan dan tidak dimengerti oleh HRD nya. Atau bahkan anda menggunakan bahasa gaul yang sesuai dengan remaja masa kini yang tentu akan membuat HRD tidak akan menerima anda.

Karena memang bahasa yang baik untuk anda gunakan adalah dengan menggunakan bahasa indonesia yang tentu dengan baik dan benar. Bahkan anda juga tidak boleh membuat singkatan yang tidak sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan tersebut pada surat anda.

Tentu nya jika anda menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar akan membuat hrd nya semakin tertarik dan semakin yakin. Karena jika anda menggunakan bahasa indonesia secara baik maka dapat disimpulkan bahwa anda adalah seseorang yang berpendidikan

Gunakan Foto Diri Sendiri Dengan Penampilan Menarik

Jika anda ingin mencatumkan foto anda pada Surat Lamaran Kerja yang akan anda buat tersebut untuk melamar pekerjaan yang anda minati. Maka anda harus menggunakan foto diri anda sendiri yang tentu dengan penampilan menarik agar bisa menarik minat HRD.

Foto yang anda gunakan adalah foto formal yang berukuran 3×4 atau 2×3 sesuai kebutuhan atau sesuai persyaratan yang tertera. Kemudian anda juga harus membuat backgorund foto anda berwarna polos entah itu merah atau putih atau biru sesuai keinginan anda.

Tentu anda tidak boleh menggunakan foto yang narsis yaitu berupa foto anda yang sedang selfi atau sedang apapun yang tidak sesuai. Karena hal tersebut tentu saja tidak pantas dan tidak sopan untuk anda cantumkan pada surat lamaran yang anda buat tersebut.

Maka dari itu agar surat yang anda buat bisa sesuai dengan apa yang menjadi aturan dari membuat suratnya maka anda harus menggunakan foto yang benar. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk menerima anda atau tidak bisa dilihat dari foto tersebut.

Baca Juga  Account Officer: Penjelasan, Tugas, Info Gaji, dan Loker

Cantumkan Biodata Secara Lengkap

Anda juga harus mencantumkan biodata atau data diri anda ketika anda membuat Surat Lamaran Kerja untuk mencari pekerjaan tersebut. Biodata tersebut pun juga harus anda buat secara lengkap tanpa kurang satu hal pun yang terdapat pada identitas yang anda miliki.

Anda tidak boleh hanya mencantumkan nama anda lalu tempat dan tanggal lahir karena hal tersebut masih kurang dan perlu dilengkapi. Karena memang anda harus mencantumkan seluruh data diri atau biodata yang anda miliki secara lengkap dan dengan benar.

Biodata atau data diri yang harus anda lengkapi antara lain nama anda lalu tempat dan tanggal lahir anda kemudian ada jenis kelamin anda. Bahkan anda juga harus mencantumkan agama dan juga alamat tempat tinggal anda di dalam surat tersebut yang anda buat.

Karena dengan mencantumkan segala hal yang diperlukan maka anda sudah membuat surat tersebut secara baik dan dengan benar. Maka dari itu anda harus memastikan bahwa semua data yang ada di dalam suratnya telah lengkap dan juga benar seluruhnya.

Jelaskan Kelebihan Yang Anda Punya

Anda juga bisa menjelaskan kelebihan yang anda miliki di dalam Surat Lamaran Kerja anda tersebut secara detail dan lengkap sesuai kemampuan anda. Hal tersebut tentunya bisa menjadi daya tarik sehingga akan membuat HRD tertarik dengan kemampuan yang anda miliki.

Anda juga bisa menjelaskan mengenai pengalaman anda mulai dari pengalaman kerja sebelumnya atau prestasi yang telah anda dapat. Bisa jadi mungkin sebelum nya anda telah bekerja pada beberapa perusahaan yang terkenal sehingga bisa dibilang anda merupakan orang yang terlatih.

Bahkan anda juga bisa mencantumkan berbagai kemampuan yang anda miliki misalkan anda memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik. Kemudian bisa juga anda mencantumkan bahwa anda adalah ahli pada bidang tertentu yang bisa menjadi nilai lebih yang anda miliki.

Lalu anda juga bisa menjelaskan semua hal yang pernah anda raih bisa jadi itu adalah prestasi atau apapun yang memang merupakan kelebihan. Bisa jadi anda adalah seorang pemenang olimpiade matematika pada saat anda sekolah yang mungkin bisa membuat anda semakin menarik.

Cantumkan Tanda Tangan Dan Nama Anda

Pada akhir surat kami sarankan anda mencantumkan tanda tangan disertai dengan nama anda sendiri pada Surat Lamaran Kerja anda tersebut. Hal tersebut memang merupakan hal yang tidak wajib pada setiap surat yang anda buat karena anda tidak memerlukan hal tersebut.

Namun alangkah baiknya anda mencantumkan hal tersebut agar membuat surat anda menjadi lengkap mulai dari pembuka hingga akhir. Dengan begitu pihak perusahaan bisa menyimpulkan bahwa anda adalah seorang yang detail pada semua hal termasuk hal yang kecil.

Jika begitu tentunya kemungkinan anda akan diterima pada perusahaan tersebut akan semakin tinggi dibanding anda tidak mencantumkannya. Maka dari itu kami sarankan agar anda mencantumkan tanda tangan dan juga nama dibawah tanda tangan pada akhir surat..

Karena dengan begitu anda akan membuat pihak perusahaan akan tertarik dengan anda apalagi jika anda memiliki kemampuan yang mumpuni. Meskipun mungkin tanda tangan merupakan hal yang kecil namun bisa sangat berpengaruh pada surat yang anda buat tersebut.

Tujuan Dari Surat Lamaran Dibuat Secara Jelas

Kemudian ketika anda membuat Surat Lamaran Kerja anda juga harus membuat tujuan dari surat tersebut secara jelas dan detail. Hal tersebut tentu nya agar surat tersebut tidak salah entah itu dalam hal tujuan surat mulai dari nama perusahaan dan juga lain sebagainya.

Baca Juga  Apa Itu Problem Solving, Tujuan, Penerapan, Tips dan Contoh

Maka dari itu anda harus teliti ketika anda membuat surat tersebut karena anda tentu tidak ingin lamaran anda percuma ke perusahaan tersebut. Anda juga harus menjelaskan mengenai tujuan dari surat tersebut secara jelas dan secara detail agar tidak miskomunikasi.

Kemudian selain itu anda juga harus membuat surat tersebut dengan benar mulai dari hal yang menjelaskan diri anda sendiri. Bahkan hal yang menjelaskan dari maksud dan tujuan dari surat tersebut tertuju kepada siapa dan dimana atau di perusahaan apa.

Lalu jika mengenai diri anda maka anda harus memberikan informasi mengenai anda dengan detail dan benar agar tidak terjadi kesalahan. Hal tersebut pula yang akan membuat surat yang anda buat bisa di terima oleh perusahaan atau hrd yang menerima nya.

Cantumkan Nomor Telepon Dan Alamat Email Yang Aktif

Kemudian anda juga harus mencantumkan nomor telepon atau alamat email pribadi anda yang tentu harus aktif di dalam surat lamarannya. Hal tersebut akan memudahkan perusahaan yang anda kirimi surat tersebut agar bisa menghubungi anda nanti nya.

Karena tentu jika perusahaan tersebut tertarik dengan surat yang anda kirimkan maka mereka akan mengubungi anda nanti nya. Mereka akan menghubungi anda melalui nomor telepon atau alamat email yang anda cantumkan di dalam surat yang anda buat tersebut.

Oleh karena itu anda harus memastikan nomor telepon dan alamat email yang anda cantumkan aktif dan bisa dihubungi dengan mudah. Karena tentu anda tidak ingin kesempatan tersebut menjadi sia sia karena nomor telepon anda mungkin tidak aktid atau hanya sekedar jarang aktif.

Kemudian anda juga bisa selalu mengecek alamat email yang anda cantumkan di dalam surat yang anda buat tersebut jika anda menerima panggilan. Karena mungkin pihak perusahaan akan mengirimkan undangan interview melalui alamat email yang tersedia di surat lamaran anda.

Link Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX Bisa di Edit Yang Baik dan Benar

Jika kami hanya menjelaskan mengenai cara membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar mungkin tidak mudah untuk dimengerti. Maka dari itu untuk memudahkan anda kami juga akan memberikan link Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX agar bisa anda ikuti tata caranya.

Berikut adalah Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX yang baik dan benar dan bisa anda unduh dengan gratis siap edit.

Download

Akhir Kata

Sepertinya akan kami cukupkan saja pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai link Download Contoh Surat Lamaran Kerja Word DOCX Bisa di Edit yang bisa anda simak.

Karena mungkin anda memerlukan contoh nya dan juga cara dalam membuatnya agar bisa anda buat dengan baik nantinya. Semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda semua apalagi bagi anda para pencari kerja yang baru mencari atau baru lulus.

FAQ

Apakah Data Diri Merupakan Hal Yang Penting Dalam Surat Lamaran Kerja?
Tentu saja data diri pelamar merupakan hal yang penting dan wajib ada pada setiap lamaran kerja yang dibuat oleh siapapun. Karena hal tersebutlah yang akan menjelaskan mengenai diri anda di dalam surat tersebut.

Apa Menggunakan Bahasa Indonesia Itu Penting Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja?
Jika anda membuat Surat Lamaran Kerja maka anda harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Anda tidak boleh menggunakan bahasa daerah atau bahasa gaul bahkan kata yang disingkat pun tidak boleh

Baca Juga Mengenai Tips Lain Yang Kami Sediakan Berikut